Selasa, 23 Agustus 2016

Miliki Rambut Sehat dan Cantik Dengan Perawatan Masker Rambut Alami

Miliki Rambut Sehat dan Cantik Dengan Perawatan Masker Rambut Alami
Rambut sehat dengan masker rambut alami © Shutterstock
Duniainformasikesehatan.com - Dibandingkan dengan menggunakan beragam kosmetik rambut tentu masker rambut alami akan terasa lebih aman untuk digunakan. Tidak terdapatnya senyawa kimia dalam berbagai macam masker rambut dari bahan alami membuat masker tersebut dikatakan aman dan tidak berbahaya. Berbeda dengan produk kosmetik rambut yang dipastikan akan memiliki senyawa kimia.

Hanya saja memang sebagian besar kalangan dewasa ini lebih memilih perawatan rambut menggunakan beragam kosmetik rambut yang ada. Hal tersebut karena beragam produk kosmetik tersebut memang lebih praktis dan mudah digunakan. Berbeda dengan masker rambut alami yang harus melewati tahap atau proses pembuatan terlebih dahulu.

Akan tetapi bagi mereka yang memperhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala, tentu saja meminimalisir bahaya bagi kulit kepala dan rambut akan menjadi prioritas utama. Salah satunya dapat dilakukan dengan cara menghindari menggunakan beragam kosmetik rambut. Pasalnya tidak semua kosmetik seperti masker rambut akan selalu cocok pada setiap orang.
Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif Menggunakan Bahan Alami

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Alih-alih mendapatkan rambut dan kullit kepala yang sehat, salah penggunaan kosmetik tersebut justru hanya akan merusak rambut. Maka dari itulah mengapa masker rambut dari bahan alami lebih banyak di referensikan hingga saat ini. Bagi Anda yang ingin mencoba, inilah beberapa varian masker rambut alami untuk perawatan yang dapat kita ketahui bersama.

1. Masker Pisang

Untuk membuat masker rambut alami ini maka siapkan terlebih dahulu 2 buah pisang matang, 2 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak kelapa. Haluskan terlebih dahulu pisang kemudian campurkan dengan seluruh bahan yang ada. Aduk hingga merata kemudian oleskan masker tersebut pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas dan bersihkan dengan cara keramas.

2. Masker Alpukat

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu satu buah alpukat yang sudah matang, minyak zaitun sebanyak ½ sendok teh, dan susu sebanyak ½ gelas. Haluskan daging buah alpukat lalu campurkan dengan susu dan minyak zaitun, aduk hingga berubah menjadi seperti krim. Oleskan masker rambut alami tersebut pada seluruh bagian rambut serta kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dan bersihkan dengan cara keramas.

3. Masker Strawberry

Siapkan terlebih dahulu buah strawberry segar sebanyak satu genggam tangan, setelah itu cuci bersih lalu haluskan buah strawberry tersebut hingga benar-benar lembut. Campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan madu, aduk hingga semua bercampur dan berubah menjadi krim. Oleskan pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air dingin ataupun hangat.

4. Masker Telur

Masker rambut alami ini dapat dibuat dengan menyiapkan terlebih dahulu 1 butir telur dan ambil bagian kuningnya saja, susu 1 cangkir, minyak zaitun 2 sendok makan, dan air perasan jeruk lemon. Pertama-tama kocok terlebih dahulu kuning telur lalu campurkan dengan seluruh bahan yang telah disiapkan dan aduk hingga merata. Oleskan pada seluruh permukaan rambut serta kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Bulasn dan bersihkan rambut dengan cara keramas.

5. Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi rambut, maka dari itulah bahan alami ini juga dapat dibuat menjadi salah satu masker rambut alami. Caranya yakni dengan mencampurkan minyak zaitun dengan minyak kelapa dengan perbandingan 2:1 (minyak kelapa : minyak zaitun). Oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut dan tutup sebentar dengan shower cup selama beberapa menit. Bilas dengan cara keramas hingga benar-benar bersih.
Baca Juga : Pentingnya Menyediakan P3K / First Aid Kit Dirumah ataupun Dikantor

6. Masker Yoghurt

Untuk membuat masker rambut alami dari yoghurt maka gunakanlah yoghurt plain atau tanpa rasa. Tidak perlu dicampur atau diolah dengan bahan lain, Anda dapat mengoleskan yoghurt tersebut sebagai masker rambut secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan terlebih dahulu selama 20 menit, lalu bilas dan bersihkan rambut dengan air dingin.

Itulah beberapa varian masker rambut alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut secara rutin dan teratur. Sekalipun sering digunakan, namun masker alami tersebut tidak akan menimbulkan beragam efek samping negatif bagi rambut. Semoga informasi perawatan rambut di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar