Jumat, 12 Agustus 2016

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Namun Efektif

Duniainformasikesehatan.com - Cara menjaga kesehatan mata memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Dikatakan demikian karena seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa mata merupakan salah satu organ vital yang masuk pada salah satu indera manusia. Maka dari itulah organ tubuh seperti mata wajib dijaga dan dirawat dengan baik.

Hanya saja mungkin tidak banyak kalangan yang mengetahui bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan mata. Pasalnya memang perawatan yang dibutuhkan bukanlah merupakan perawatan yang asal-asalan. Kendati demikian, tentu saja bukan berarti Anda harus selalu mengunjungi berbagai klinik-klinik mata untuk melakukan perawatan.

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Namun Efektif
Ilustrasi Mata yang Sehat dan Indah © Shutterstock
Akan tetapi dapat juga dilakukan sendiri dirumah jika memang sudah mengetahui caranya. Dan sebenarnya merawat organ penglihatan seperti mata bukanlah hal yang terhitung sulit dilakukan. Aktivitas tersebut dapat dilakukan dalam keseharian dan tidak membutuhkan alat-alat khusus, akan tetapi memang Anda pun harus mengetahui cara yang tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Tentunya siapa yang tak ingin memiliki mata yang indah dan juga sehat, mata juga dapat menjadi penunjang penampilan seseorang jika memang dirawat dengan baik. Selain itu, penglihatan pun akan tetap berfungsi dengan sangat baik saat kesehatan mata dijaga. Dan berikut ini adalah beberapa tips dan juga cara menjaga kesehatan mata yang dapat kita ketahui bersama.

1. Mengkonsumsi Buah dan sayuran

Salah satu cara yang paling mudah untuk merawat kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Terutama wortel, jus wortel mentah diketahui dapat membuat kesehatan mata meningkat sehingga fungsinya akan semakin baik. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi hingga dapat menjadi antioksidan dan menghindari risiko terkena degenerasi makula.

2. Kompres Dengan Mentimum

Sama seperti mengkonsumsi wortel, mengompres mata menggunakan irisan mentimun segar juga dapat menjaga kesehatan mata. Setelah mata lelah beraktivitas seharian, maka Anda dapat mencoba mengompresnya dengan irisan mentimun. Hal ini bertujuan agar mata tidak bengkak dan juga segar kembali. Cara ini sebaiknya dilakukan sesaat sebelum tidur.

3. Jangan Terlalu Lama di Depan Komputer

Pekerjaan memang merupakan sesuatu yang wajib dilakukan, namun jika Anda sayang pada organ penglihatan Anda maka hendaknya janganlah berada terlalu lama di depan layar monitor. Kondisi tersebut dapat membuat mata lelah bahkan dapat merusak sebagian syaraf yang terdapat pada mata. Bahkan kondisi tersebut juga dapat mengganggu penglihatan mata pada nantinya.

4. Hindari Kebiasaan Menggunakan Lensa Kontak

Selain efektif bagi yang memiliki mata minus, akhir-akhir ini lensa kontak juga diketahui kerap digunakan sebagai fashion tersendiri. Namun sebaiknya hindari menggunakan lensa kontak hingga 19 jam setiap harinya jika ingin kesehatan mata Anda terjaga. Karena penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama diketahui dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

5. Hindari Membaca Dalam Cahaya Redup

Kebiasaan yang satu ini mungkin kerap diabaikan oleh beberapa kalangan. Namun tahukah Anda? Bahwa membaca ditempat yang memiliki intensitas cahaya kurang baik hanya akan memicu ketegangan syaraf pada mata. Jika dipaksakan secara terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsi mata pada nantinya akan terganggu.
Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Mudah Menggunakan Bahan Alami

6. Gunakan Tetes Mata Seperlunya

Saat mata mengalami masalah, maka hal yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan obat tetes mata. Jika sesekali memang tidak akan menjadi masalah, namun hindarilah menggunakan tetes mata secara berlebihan. Karena obat tetes mata mengandung senyawa kimia, maka tidak menutup kemungkinan jika digunakan secara berlebihan akan mengganggu kesehatan mata.

Ayo, miliki mata sehat dengan cara menjaga kesehatan mata setiap harinya. Beberapa cara di atas tadi tentunya merupakan cara yang sangat mudah dilakukan dalam keseharian kita semua. Dengan mata yang sehat, selain menunjang penampilan juga dapat menjaga fungsi mata sebagai indera penglihatan yang sangat penting bagi tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar