Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Mengetahui Perbedaan Antara Kanker Kulit dan Kutil

Ketahui Perbedaan Antara Kanker Kulit dan Kutil
Duniainformasikesehatan.com - Meningkatnya polusi udara dan paparan sinar matahari telah membuat berbagai perubahan pada kesehatan kulit anda secara perlahan. Kulit merupakan bagian terbesar dari tubuh anda dan merupakan garis pertahanan dan perlindungan pertama bagi tubuh anda. Kulit menyimpan vitamin D inaktif, yang dapat diaktifkan melalui paparan sinar matahari.

Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai lapisan pelindung terhadap udara dingin dan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh anda sehingga dapat menjaga suhu tubuh dan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh anda.

Kanker kulit paling sering terjadi pada orang dewasa berusia paruh baya dan adanya anggota keluarga lain yang mengalami kanker kulit dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit.

Berbagai faktor resiko terjadinya kanker kulit lainnya adalah:
  • Pencoklatan kulit (taning)
  • Paparan berlebihan terhadap sinar matahari
  • Memiliki kebiasaan merokok
  • Terinfeksi oleh HPV (human papilloma virus)
  • Penggunaan obat-obatan seperti siklosporin dan azatioprin
  • Luka terbuka yang tidak dapat menyembuh dalam waktu lama
  • Tahi lalat yang telah ada yang berubah menjadi keganasan

Penyebab pasti kanker kulit masih belum diketahui. Akan tetapi, penyebab kutil merupakan infeksi HPV.

Kanker Kulit

Karsinoma Sel Basal

Kanker kulit memiliki banyak jenis. Karsinoma sel basal dapat berbentuk seperti suatu benjolan halus dan berbentuk seperti mutiara pada daerah kulit yang sering terpapar oleh sinar matahari, seperti pada wajah, bahu, atau leher.

Tumor ini dapat pecah dan seringkali berdarah, yang tampak seperti luka terbuka yang belum menyembuh. Kanker sel basal merupakan jenis kanker kulit yang tidak terlalu berbahaya dan dapat disembuhkan tanpa menyisakan jaringan parut bila ditemukan sedini mungkin dan diobati dengan baik.

Karsinoma Sel Skuamosa

Jenis lain dari kanker kulit adalah karsinoma sel skuamosa yang tampak sebagai bercak kemerahan bersisik dengan beberapa benjolan keras pada daerah kulit yang terpapar oleh sinar matahari. Kanker jenis ini juga sering menyebabkan timbulnya luka terbuka (ulkus) dan peradarahan dan merupakan jenis kanker kulit yang berbahaya bila tidak diobati tepat pada waktunya.

Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling berbahaya dan paling sering terjadi, yang tampak sebagai suatu bercak hiperpigmentasi (lebih gelap), dengan warna bervariasi dari coklat terang hingga hitam.

Melanoma dapat tampak seperti suatu tahi lalat. Oleh karena itu, waspadai bila ada perubahan pada tahi lalat lama anda atau bila ada suatu tahi lalat baru yang terasa gatal, nyeri, atau tampak kemerahan.

Kutil

Kutil dapat berbentuk datar, menonjol, kerucut, seperti kapalan, tipis seperti jari, atau seperti kembang kol. Kutil dapat terasa keras dan kaku atau lembut dan berair. Kutil merupakan suatu benjolan tidak berbahaya yang hanya mengganggu secara kosmetik, yang dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan atau terus timbul kembali.

Kutil dapat ditemukan pada tangan, kaki, wajah, dan leher. Kutil tidak menimbulkan rasa nyeri dan kadang-kadang terasa gatal. Kutil dapat menyebar ke bagian lain tubuh anda melalui luka pada kulit. Kutil dapat diobati dengan laser, cryosurgery, krim topikal bersifat asam seperti fluorourasil, asam salisat, dan sebagainya. Kutil dapat tumbuh kembali pada tempat yang sama atau pada bagian lain tubuh.

Telah tersedia suatu vaksin untuk mencegah timbulnya kutil kemaluan, akan tetapi belum tersedia vaksin untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Bentuk dan Penyebab

Kanker kulit merupakan suatu pertumbuhan sel-sel kulit yang abnormal, yang dapat bervariasi mulai dari suatu luka terbuka (karsinoma sel basal), bintik hitam (melanoma), hingga bercak kemerahan (karsinoma sel skuamosa).

Sementara itu, kutil merupakan suatu pertumbuhan berlebihan yang terjadi akibat infeksi HPV dan dapat terjadi pada bagian tubuh manapun
Gejala

Beberapa gejala kanker kulit adalah:
  • Gatal
  • Kulit tampak bersisik
  • Luka yang tidak menyembuh
  • Perubahan pada tahi lalat yang telah ada sebelumnya
  • Terbentuknya tahi lalat baru yang disertai dengan rasa nyeri atau gatal atau tampak kemerahan
Beberapa gejala kutil adalah suatu tonjolan yang terasa keras atau lembut pada anggota gerak tubuh atau pada bagian tubuh manapun.

Pengobatan dan Diagnosa

Diagnosa kanker kulit ditentukan melalui biopsi jaringan kulit, sementara diagnosa kutil ditentukan berdasarkan pada pemeriksaan fisik.

Pengobatan kanker kulit tergantung pada jenis, stadium, dan penyebaran kanker kulit. Pengobatannya dapat berupa radiasi, kemoterapi, dan sinar laser.

Pengobatan kutil dapat berupa sinar laser, penggunaan salep bersifat asam pada daerah yang terkena, cryosurgery, tindakan pembedahan, dan sebagainya. Kutil seringkali kambuh atau tumbuh kembali setelah tindakan pengobatan.

Sumber: Differencebetween.com via Dokter.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar