Rabu, 10 Agustus 2016

Ingin Miliki Jantung Sehat? Lakukan Beberapa Cara Berikut Ini!

Setiap manusia pada umumnya tentu saja ingin memiliki jantung sehat di dalam tubuh mereka. Akan tetapi biasanya kebanyakan dari kita masih belum mengetahui dan mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan jantung yang benar. Karena hal tersebut memang dapat dikatakan gampang-gampang susah untuk dilakukan.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa jantung juga merupakan salah satu organ vital yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya yakni menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh agar berjalan dengan baik. Untuk itulah saat jantung bermasalah, maka tubuh pun akan ikut mengalami banyak masalah.

Ingin Miliki Jantung Sehat? Lakukan Beberapa Cara Berikut Ini!
Ilustrasi Jantung yang Tak Sehat © Shutterstock

Untuk itulah mengapa sebenarnya kesehatan jantung harus sangat dijaga dan diperhatikan dengan baik. Dan tentunya terdapat banyak cara yang dapat dilakukan guna menjaga jantung agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Tidak harus selalu menggunakan cara khusus atau perawatan dengan biaya yang relatif mahal.

Cara Mudah Miliki Jantung Sehat

Akan tetapi dapat dilakukan dengan cara memperhatikan makanan yang tepat serta menjalani gaya hidup yang sehat. Pasalnya memang berbagai macam jenis penyakit diketahui berasal dari pola makan dan gaya hidup yang tak sehat, tidak terkecuali bagi penyakit jantung. Ingin miliki jantung sehat? Maka lakukan beberapa cara dibawah ini.

1. Berolahraga

Ya, salah satu syarat utama untuk miliki jantung yang sehat adalah dengan rutin dan teratur berolahraga. Saat berolahraga, maka jantung juga akan terlatih secara otomatis untuk terus bergerak secara konstan. Tidak perlu melakukan olahraga yang terhitung ekstrim namun Anda dapat mencoba melakukan olahraga yang ringan saja.
Baca Juga : Hindari Makanan Ini, Karena Akan Membuat Anda Cepat Lelah!

2. Berjemur

Percaya atau tidak, ternyata berjemur dibawah sinar matahari juga diketahui sangat baik bagi kesehatan jantung. Pasalnya di dalam sinar matahari terdapat kandungan vitamin D yang diketahui dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Berjemurlah pada pagi hari selama kurang lebih 20 hingga 30 menit namun dibawah pukul 10.00 pagi.

3. Tidur Cukup

Salah satu menjaga kesehatan jantung sebenarnya dapat dilakukan dengan cara memenuhi waktu istirahat yang cukup atau tidur yang cukup. Idealnya, waktu tidur yang baik berkisar antara 6 hingga 7 jam dalam sehari. Karena jika waktu tidur kurang dari 5 jam setiap harinya, maka dapat terjadi penumpukan kadar mineral kalsium di dalam pembuluh darah jantung.

4. Mengkonsumsi Cokelat

Jika Anda ingin miliki jantung yang sehat, maka sesekali konsumsilah cokelat khususnya untuk jenis dark chocolate dengan kandungan cocoa minimal 70%. Karena di dalam cokelat diketahui terdapat kandungan magnesium dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Serta mengandung asam stearat dan antioksidan yang baik untuk jantung.

5. Mengkonsumsi Makanan Laut

Mengkonsumsi makanan laut juga ternyata diketahui baik untuk jantung, namun memang janganlah terlalu berlebihan karena kadar kolesterolnya sendiri sangatlah tinggi. Dalam makanan laun sendiri diketahui terdapat asam lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan risiko terhadap aritmia jantung.
Baca Juga : Ini Bahayanya Jika Kelamaan Nonton TV

6. Berhenti Merokok

Ya, jika Anda salah seorang pecandu rokok maka sebaiknya berhentilah merokok sedini mungkin jika ingin jantung Anda sehat dan normal. Dari sekian banyak penyebab penyakit serangan jantung, rokok diketahui merupakan faktor penyebab utama yang paling mudah memicu serangan jantung karena kadar racun yang dimilikinya.

Selain beberapa cara di atas, untuk membuat jantung sehat juga Anda dapat melakukan beberapa hal lain seperti tidak memendam rasa sakit hati yang berkepanjangan, tertawalah dengan lepas, hingga menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jika Anda dapat membuat jantung Anda lebih sehat sedini mungkin, lalu tunggu apa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar